Selayang Pandang

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muh. Bima memiliki riwayat yang cukup panjang. Pada awalnya STIH Muh. Bima merupakan salah satu Fakultas yang terhimpun dalam naungan Universitas Muhammadiyah Bima yang didirikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bima. Universitas Muhammadiyah Bima dimulai dengan Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah, kemudian pada tahun 1975 dibuka Fakultas Hukum. Fakultas Hukum inilah yang kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima yang ada sekarang. Dalam proses selanjutnya, karena persyaratan untuk mendirikan Universitas sulit untuk dipenuhi, baik yang berkaitan dengan sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar maupun yang berkaitan dengan tenaga-tenaga edukatif, maka Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima tersebut terpaksa dirubah bentuknya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima. Untuk itu pada tahun 1987 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bima mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bima sebagai Badan Penyelenggara Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima.

Pada tahun 1988 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima untuk pertama kalinya mendapatkan izin operasional dari Kopertis Wilayah VIII Denpasar dan kemudian dengan persetujuan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor : 0298/0/1989, tanggal 17 Mei 1989 mendapatkan status terdaftar untuk program studi strata 1 jurusan Hukum Keperdataan. Selanjutnya dengan dihapusnya jurusan pada Pendidikan Tinggi Hukum berdasarkan SK Mendikbud No. 17/DO/1993 tentang perubahan kurikulum Pendidikan Tinggi Hukum dan SK Mendikbud RI Nomor : 0325/U/1994, tentang kurikulum yang berlaku secara nasional, maka Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima hanya memiliki satu program Studi, yaitu program studi Ilmu Hukum. Pada tahun 2000, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima mendapatkan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional dengan SK BAN PT Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 021/BAN.PT/AK-IV/VIII/2000 dan terakhir mendapatkan izin penyelenggaraan program studi dari Dirjen Dikti Depdiknas dengan Surat Keputusan Nomor : 4421/D/T/2004, tanggal 8 Nopember 2004.

Sejak awal pendiriannya, yaitu sejak tahun 1989 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Mataram yang sekaligus bertindak sebagai PTN Pembina. Kemudian setelah berakhirnya masa kerja sama dengan Universitas Mataram pada tahun 1996, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima mengadakan kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang dan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Ujung Pandang. Sejak saat itu Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima telah mendaptkan pembinaan dari Dosen-dosen Pembina dan Guru Besar Luar Biasa dari kedua Fakultas tersebut.

Dalam proses perkembangannya hingga saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima terus mengalami peningkatan secara kuantitatif dan kualitatif yang cukup signifikan. Jumlah mahasiswa terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun akademik 2006/2007 jumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima tercatat 884 orang. Demikian juga dengan jumlah alumni terus mengalami peningkatan secara proposional. Pada Wisuda Angkatan I yang dilakukan pada tahun akademik 1990/1991 jumlah Sarjana Hukum yang di Wisuda oleh STIH Muhammadiyah Bima adalah sebanyak 26 orang wisudawan. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya dapat dikatakan setiap tahun STIH Muhammadiyah Bima secara rutin melakukan Wisuda Sarjana dengan jumlah Wisudawan yang terus mengalami peningkatan secara berarti.